Shin Tae-yong Setuju Piala AFF Perlu Ada VAR  – Pelatih Tim nasional Indonesia, Shin Tae-yong benar-benar sepakat bila ada VAR (Video Assistant Referee) di gelaran Piala AFF. Shin Tae-yong berasa VAR akan membuat jalannya pertandingan menjadi lebih adil.

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Shin Tae-yong dalam sebuah pertemuan jurnalis menjelang semi-final putaran kedua Piala AFF 2020 pada Jumat (24/12/2021). Shin Tae-yong menyorot keputusan wasit yang bau pro-kontra.

Seperti pada pertandingan Thailand musuh Vietnam tadi malam. Shin Tae-yong berasa Vietnam semestinya bisa penalti saat temu Thailand. Shin Tae-yong ambil contoh saat Ricky Kambuaya dijatuhkan dalam kotak penalti di pertandingan Singapura versus Tim nasional Indonesia. Tetapi Vietnam dan Tim nasional Indonesia tidak diberi penalti oleh wasit.

Hal itu yang selanjutnya memacu Shin Tae-yong berasa jika VAR memang dibutuhkan di gelaran sekelas Piala AFF. Bukanlah tidak yakin pada wasit, tetapi Shin Tae-yong berasa wasit manusia juga hingga perlu dikasih kontribusi.

Shin Tae-yong Setuju Piala AFF Perlu Ada VAR Agar Membantu Wasit

Shin Tae-yong Setuju Piala AFF Perlu Ada VAR

“Jika opini saya, kita memang memerlukan VAR. Sebagai manusia, kita tidak dapat menyaksikan pas 100 %,” kata Shin Tae-yong. Shin Tae-yong dengan berbesar hati tidak ingin mempersalahkan wasit karena dia sadar jika mereka manusia juga yang tidak dapat menyaksikan 100 %. Tetapi menurut dia, kelengahan itu dapat merusak jalannya pertandingan karena pemain jadi tidak fair-play nanti.

“Meskipun pemain telah usaha keras di atas lapangan tetapi bisa jadi wasit merusak laga dengan ketetapannya. Singapura memang lebih difavoritkan karena sebagai tuan-rumah, tetapi wasit juga harus tolong pemain supaya masih tetap jaga nilai fair-play,” sambungnya.

Pada akhirannya Shin Tae-yong sepakat bila Piala AFF memerlukan VAR untuk menolong wasit dalam memutuskan. Pasalnya keputusan polemis wasit akan beresiko bila dilanjutkan karenanya akan membuat pemain jadi berasa tidak adil.

Shin Tae-yong sendiri sedang fokus hadapi semi-final putaran kedua Piala AFF 2020 menantang Singapura. Tanding Tim nasional Indonesia versus Singapura akan berjalan di Singapore National Fase, Sabtu (25/12/2021) jam 19.30 WIB.

Shin Tae-yong Setuju Piala AFF Perlu Ada VAR
Tagged on: